You are currently viewing Teknologi Mesin MotoGP 2016

Teknologi Mesin MotoGP Terbaru 2016

MotoGP merupakah salah satu ajang balapan sepeda motor dengan mengusung teknologi mesin yang canggih dan paling terbaru, motogp mesinnya beda dengan mesin motor sport pada umumnya, karena motogp menggunakan teknologi mesin terbaru dan uptodate menggunakan bahan pilihan yang tidak dikomersilkan, jadi tidak heran kalau motogp ini mesinnya sangat spesial dan terbatas hanya untuk balapan motogp saja dan tidak ada yang punya pada umumnya harganyapun juga mahal dan gila.

Motogp memiliki desain motor yang futuristik dalam sebuah motor sport atau motor balap, desainnya yang unik dan rapi sekaligus sangat komples dengan semua perhitungan yang matang sehingga membuat motor motogp ini seperti motor paling sempurna didunia ini.

Lalu Teknologi Mesin MotoGP Terbaru apa yang ditanamkan di motogp saat ini, nah motogp memang tidak mengumumkan spesifikasi motornya secara detai hingga kedalam-dalamnya karena itu akan berbahaya apabila ada yang menirukan teknologi tersebut, jadi hanya para mekanik saja yang tahu seluk-beluk mesin motogp.

Mesin motogp

MotoGp menggunakan mesin 4 langkah (4 tak) dimana mesin tersebut telah menggeser mesin 2 langkah (2 tak) pada motogp terdahulu dan mesin 4 tak ini sudah bisa mengimbangi performa mesin 2tak yang tidak ramah lingkungan sehingga pihak motogp punya aturan baru untuk menggatinya dengan motor 4 tak dan terdiri 4 silinder hingga 6 silinder didalamnya.

Teknologi Motogp

Teknologi mesin motogp dibuat khusus dan memenuhi standard balapan motogp yang tidak diperjual belikan atau ditunggangi secara umun dijalanan.

Rem motogp

Dgn kecepatan puncak yg mampu mencapai 347 km/jam, rem yaitu senjata yg amat di butuhkan oleh para rider di motogp. Bersama rem yg mumpuni di tambah dgn skill, pembalap mampu laksanakan overtaking di tikungan.
Rem motor di motogp mesti memenuhi ringan, kuat & tahan panas. Material yg diperlukan rata-rata serat karbon atau baja buat cakramnya. Yang Merupakan perbandingan utk diameter yg sama cakram karbon beratnya 750 gr hingga 800 gr, sedangkan baja 1200 gr hingga 1600 gr.
Tidak Cuma bahan, design rem motogp amat lengkap sebab dapat mempengaruhi stabilitas ketika pengereman, terkecuali itu rem buat masing-masing team di jatah 6 hingga 8 per masa & di utk oleh dua pabrikan Brembo & Nissin.

Ban Motogp

Ban merupakan salah satu bagian vital dari motor. Ban berfungsi penahan beban baik saat akselerasi maupun pengereman, meredam getaran, halus saat mengelinding, daya cengkram yang baik dan tentu saja ketahanannya.
Ban motogp dari dua macam ada wet tyres untuk lintasan basah dan slick tyres untuk lintasan kering. Untuk sekali balapan ban ini mampu bertahan untuk jarak 120 km.
Untuk lintasan kering ban motogp mempunyai ulirnya halus, permukaan kontaknya ke aspal maksimal sehingga membberikan daya cengkram yang maksimal.
Ulir pada ban berfungsi untuk meningkatkan daya cengkram (menyerap energi saat karet terdeformasi).
Untuk membuat Ban digunakan berbagai bahan seperti pigmen, zat-zat kimia, kurang-lebih 30 jenis karet yang berbeda, benang-benang, kawat dan sebagainya. Proses lalu dimulai dengan mencampurkan bahan-bahan dasar karet dengan oli proses, warna hitam karbon, pigmen, anti-oksidan, akselerator dan berbagai zat tambahan lainnya. Masing-masing dari bahan ini menambahkan sifat tertentu pada campuran ini.

Helem pembalap Motogp

Kala melaju bersama kecepatan hingga 340 km/jam pasti pembalap motogp butuh perlindungan ekstra, mulai sejak dari pakaian hingga helem yang merupakan pelindung kepala.
Helem buat pembalap motogp mesti ringan, tahan benturan, nyaman, pun aerodinamis supaya tak mempengaruhi pembalap waktu melaju dgn kencang.
Helem terdiri empat komponen mutlak yakni, pelindung luar, sektor dalam, kaca depan & prosedur penguat.
Bahan helem terbuat dari fibre glass, karbon, & campuran Kevlar & polyurethane yg berfungsi utk menenyerap energi disaat berlangsung benturan.
Kaca helem tidak cuma berfungsi utk melindungi mata pembalap dari debu atau partikel. Tidak Hanya itu kaca helem pun di rancang utk meminimalkan pengaruh kabut atau hujan kepada penglihatan pembalap.
System ventilasi helem pula dirancang sedemikian rupa maka di dalam helem terasa kering & nyaman kala di pakai.

Mesin motogp

Mesin Motogp yg diperlukan yakni jenis empat langkah (4 tidak), mampu terdiri dari dua selinder hingga enam selinder & memiliki berat minimal buat masing-masing jumlah silinder.
2 selinder kebawah berat minimal 133 kg
3 selinder 140.5 kg
4 selinder148 kg
5 selinder 155.5 kg
6 selinder atau lebih berat minimal 163 kg

Rem motogp

Bersama kecepatan puncak yg sanggup mencapai 347 km/jam, rem yakni senjata yg amat di butuhkan oleh para rider di motogp. Bersama rem yg mumpuni di tambah dgn skill, pembalap dapat laksanakan overtaking di tikungan.
Rem motor di motogp mesti memenuhi ringan, kuat & tahan panas. Material yg difungsikan rata-rata serat karbon atau baja utk cakramnya. Juga Sebagai perbandingan utk diameter yg sama cakram karbon beratnya 750 gr hingga 800 gr, sedangkan baja 1200 gr hingga 1600 gr.
Tidak Hanya bahan, rancangan rem motogp amat lengkap sebab bakal mempengaruhi stabilitas ketika pengereman, diluar itu rem buat masing-masing team di jatah 6 hingga 8 per masa & di untuk oleh dua pabrikan Brembo & Nissin.

Demikianlah Hal-hal seputar teknologi motoGP saat ini, semoga ini bisa menambah wawasan anda penggemar motogp atau motogp mania di Indonesia khususnya.

Teknologi Mesin MotoGP Terbaru 2016 

 

sumber: http://www.jendelanet.com/news/948/teknologi-mesin-motogp-terbaru/

Leave a Reply

5 + 19 =